Kamis, 07 September 2017

Cinta segitiga


Suatu cinta segitiga adalah sebuah hubungan romantis yang melibatkan tiga orang. Istilah ini dapat mengarah pada dua orang yang berbeda terhubung secara romantis dengan orang ketiga, selain itu juga berarti bahwa masing-masing orang memiliki hubungan sejenis dengan dua orang lainnya. Hubungan ini bisa berupa persahabatan, cinta, keluarga (biasanya saudara kandung), atau bahkan kebencian antar individu.

Istilah "cinta segitiga" berarti hubungan yang kurang bisa diterima oleh satu atau beberapa orang yang terlibat. Seseorang biasanya akan merasa dikhianati pada akhirnya. Hubungan yang bisa diterima oleh setiap orang yang terlibat disebut triad, sejenis poliamori, namun poliamori biasanya mengarah pada hubungan seks. Dalam hal monogami, cinta segitiga sangat tidak stabil. Cinta tidak terbalaskan dan kecemburuan adalah hal yang umum dalam cinta segitiga. Meski jarang, cinta segitiga dianggap mampu mendorong terjadinya pembunuhan atau bunuh diri yang dilakukan oleh orang-orang yang ditolak cintanya.

Cinta segitiga adalah tema populer dalam dunia hiburan, terutama fiksi romansa yang meliputi opera, novel romansa, opera sabun, komedi romantis, manga dan musik pop.

Cinta segitiga tidak sama dengan ménage à trois, hubungan tiga cara ketika semua orang yang terlibat saling mencintai satu sama lain dan tidak ada konflik di antara mereka.

Rasa dan Matematika. Mungkin itu yang tergambar dari judul di atas. Dan memang coretan ini membahas tentang kedua hal tersebut. Namun jangan dianggap serius, sebab ini hanya tulisan iseng belaka.

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Jika seorang lelaki (A) merasakan ketertarikan dengan seorang perempuan (B), maka bisa dikatakan bahwa A mencintai B. Mungkin itu gambaran sederhana tentang cinta yang paling mudah ditangkap. Kemudian saya membuat beberapa kriteria tentang cinta berdasarkan opini atau sudut pandang pribadi. Silahkan baca Bicara Tentang Cinta.

Segitiga adalah nama suatu bentuk atau bangun datar yang dibuat dari tiga sisi yang berupa garis lurus dan tiga sudut. Segitiga memiliki beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan panjang sisimua ataupun besar sudutnya. Yang jelas, jumlah ketiga sudut tersebut adalah 180 derajat. Tidak kurang dan tidak lebih.

Biasanya, ketika menggambarkan sebuah segitiga, masing-masing sudut diberi nama dengan sebuah huruf. Misal Segitiga ABCkarena memiliki Sudut A, Sudut B, dan Sudut C. Sementara sisi yang berupa garis yang membentuk segitiga tersebut disebut Sisi AB, Sisi AC, dan Sisi BC.

Lantas bagaimana dengan Cinta Segitiga? Yang jelas ini bukan cinta dengan salah satu bahasan dalam pelajaran Matematika di sekolah.

Cinta segitiga adalah sebuah hubungan romantis yang melibatkan tiga orang. Ketika seorang lelaki (A) mencintai seorang perempuan (B), namun perempuan tersebut juga menjalin cinta dengan seorang lelaki lain (C). Kira-kira seperti itulah pemahaman umum tentang cinta segitiga.

Tapi saya memandang ada sesuatu yang aneh jika hubungan seperti di atas itu dikatakan sebagai cinta segitiga. Sebab, jika hubungan di atas digambarkan dengan garis-garis hubungan tidak akan membentuk segitiga. Melainkan hanya berupa garis lurus atau seperti seperti huruf V atau huruf V terbalik. Coba perhatikan keempat gambar di bawah ini. Tidak ada satu pun yang membentuk segitiga.

Cinta segitiga yang benar-benar membentuk bangun segitiga itu hanya akan terjadi jika di antara ketiga orang itu, A, B, dan C, ada yang memeiliki kelainan seksual alias tertarik dengan sesama jenis 😀



5 Kisah Cinta Segitiga yang Mendunia Sepanjang Sejarah


1. Henry VIII

2. Louis XIV

3. Cleopatra VII

4. Edward VIII

5. Yekaterina II



Tidak ada komentar:

Posting Komentar